Suku

SUKU DAYAK MAANYAN DAN SEJARAHNYA

Suku Dayak Maanyan adalah salah satu sub Dayak tertua di indonesia, khususnya di pulau Kalimantan bagian tengah dan selatan. Pemukiman Dayak Maanyan tersebar di berbagai daerah seperti Kabupaten Barito Timur dan sebagian Barito Selatan di Provinsi Kalimantan Tengah. Di Kalimantan Selatan, pemukiman Dayak Maanyan di desa Warukin,Kabupaten Balangan, Kabupaten Tabalong, serta tak sedikit penduduk Dayak Maanyan yang tinggal di ibukota Banjarmasin yang menetap ataupun hanya tinggal untuk bekerja dan bersekolah.

Masyarakat Dayak Maanyan biasa berkomunikasi dengan dengan bahasa maanyan tetapi bisa juga menggunakan bahasa dari etis lain seperti bahasa Lawangan, Kapuas, Banjar, Serta bahasa indonesia Untuk berkomunikasi secara umum. Agama masyarakat Dayak Maanyan yang saya ketahui adalah Kristen Protestan,Kristen Khatolik, Islam, Kaharingan/Hindu.

SEJARAH SUKU DAYAK MAANYAN

Menurut sejarah Suku Dayak Maanyan, sebelum menempati kawasan tempat tinggalnya yang sekarang, mereka berasal dari hilir (Kalimantan Selatan). Walaupun sekarang wilayah Barito Timur dan Barito Selatan sudah tidak termasuk dalam wilayah Kalimantan Selatan, tetapi wilayah ini dahulu termasuk dalam wilayah terakhir Kesultanan Banjar sebelum digabung ke dalam Hindia Belanda tahun 1860, yaitu wilayah Kesultanan Banjar yang telah menyusut dan tidak memiliki akses ke laut, sebab wilayah Kesultanan Banjar dikelilingi daerah-daerah Hindia Belanda.

Menurut catatan sastra lisan suku Dayak Maanyan, setelah mendapat serangan Marajampahit (Majapahit) kepada Kerajaan Nan Sarunai, suku ini kemudian terpencar-pencar menjadi beberapa sub-etnis. Suku ini terbagi menjadi beberapa subetnis, di antaranya:

  • Paku/Lawangan
  • Paju Epat/Maanyan Siong 
  • Dayu/Lasi Muda
  •  Paju Sapuluh/Kampung Sapuluh
  •  Banua Lima/Paju Dime
  • Warukin   Maanyan Jangkung (sudah punah)

Keunikan Suku Dusun Maanyan, antara lain mereka mempraktikkan ritus pertanian, upacara kematian yang rumit, serta memanggil dukun (balian) untuk mengobati penyakit mereka.

TRADISI DAN TARIAN ADAT

gambar tarian adat
suku dayak

Tradisi dan Tarian adat Suku Dayak Maanyan adalah Wadian,tarian adat Wadian memiliki beberapa jenis yaitu wadian dadas yaitu tradisi atau acara khusus yang biasanya di adakan oleh leluhur suku Adat Maanyan.

wisata dikalimantan tengah : https://www.budayakita.com/2022/02/01/daftar-wisata-kalimantan-tengah/

2 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

maaf teks tidak dapat di copy